Singkatan 略語(ryakugo)



Dalam bahasa Indonesia kita sering kan tuh nemu istilah-istilah kaya SIM, STNK, BPKB, KTA, KPR, Pemilu, dan singkatan-singkatan lainnya.
Tah di bahasa Jepang juga ada yang kaya gitu (naon atuh 'yang kaya gitu' teh??).
Maksudna, dalam bahasa Jepang juga ada singkatan-singkatan seperti itu.
・販計(hankei)→kependekan dari 販売計画 (hanbai keikaku 'rencana penjualan').
・生販在 (seihanzai)→kependekan dari
生産 (seisan 'produksi'),
販売 (hanbai 'penjualan'),
在庫 (zaiko 'stok')
3 kata di atas merupakan elemen penting dalam manajemen bisnis suatu perusahaan.
Di beberapa perusahaan Jepang, istilah 生販在 dipakai sebagai nama divisi, atau nama kegiatan perundingan (会議 kaigi).
Contoh :
生販在会議 (seihanzai kaigi 'rapat perundingan rencana produksi dan penjualan').
・生管 (seikan) → kependekan dari 生産管理 (seisan kanri 'manajemen produksi', ada juga yang menyebut dengan bahasa Inggris 'production control').
・品管 (hinkan)→kependekan dari 品質管理 (hinshitsu kanri, 'Quality Control/QC'). Istilah ini biasanya digunakan sebagai nama kegiatan, nama divisi, atau nama departemen di perusahaan manufaktur).
・品証 (hinshou)→kependekan dari 品質保証 (hinshitsu hoshou 'penjaminan mutu' atau ada juga yang menyebut Quality Assurance/QA), ini biasa digunakan untuk nama kegiatan atau nama departemen.
・商検 (shouken)→kependekan dari 商品検証 (shouhin kenshou 'verifikasi produk').
・現調 (genchou)→kependekan dari 現地調達 (genchi choutatsu 'pengadaan barang dari lokal/dalam negeri'). Suatu kegiatan/kebijakan pengadaan barang seperti material, suku cadang (part), mesin, dan lain-lain untuk produksi, barang-barang tersebut dibeli dari dalam negeri dengan tujuan agar biaya produksi bisa lebih murah, dari segi waktu pengiriman bisa lebih cepat, dan jika terjadi sesuatu seperti barang NG (produk cacat), atau terjadi kerusakan, lebih mudah berkoordinasi produsen (maker).
Ada juga istilah 現調化 (genchouka 'lokalisasi'), yaitu suatu kegiatan melokalkan suatu barang agar dapat diproduksi, diperoleh, atau dibeli di dalam negeri untuk mengurangi impor barang, mengurangi impor artinya コストダウン (cost down 'pengurangan biaya').

・生準 (seijun) → kependekan dari 生産準備 (seisan junbi 'persiapan produksi).

・生技 (seihi) → kependekan dari 生産技術 (seisan gijutsu 'production engineering'), istilah ini biasanya digunakan sebagai nama departemen atau divisi.

・全検 (zenken) → kependekan dari 全数検査 (zensuu kensa 'All check'), suatu kegiatan pengecekan barang secara menyeluruh saat terjadi masalah kualitas. Jadi saat muncul barang NG, barang/lot yang diproduksi hari itu dan hari-hari sebelumnya akan dicek untuk memastikan berapa jumlah barang NG yang muncul dan dari mana timbulnya barang NG tersebut.

・設変 (seppen) → kependekan dari 設計変更 (sekkei henkou 'perubahan desain). Istilah ini sering digunakan pada kegiatan pengembangan produk baru (新機種 'shinkishu').

Ada yang mau nambahin?
Nah, pertanyaannya, mengapa ada singkatan-singkatan seperti itu?
Nu pasti mah biar kalo nulis ga kepanjangan, hemat spasi lah, terus supaya praktis dan efisien juga, kabayang atuh kalo ga disingkat pasti belibet, jeung panjang tea kalo nulis.

Post a Comment

0 Comments