Liburan berdasarkan Musimnya

Sumber : Unsplash


Planning sebelum liburan itu perlu. Agar kita bisa merasakan puas atau tidak penasaran lagi

Jepang memiliki musim yang cantik, yang sangat cocok untuk liburan.

1. Waktu terbaik menikmati musim dingin di Jepang (Fuyu)

 

Sumber : pixabay

Saat Fuyu, suasana di Jepang terlihat indah. Tapi ya harus tahan dingin untiuk menikmati suasana indah disana. Jadwal Fuyu dijepang yaitu mulai akhir Desember hingga akhir Maret. Buat kamu yang tertarik liburan ke Jepang saat musim salju, buru-buru deh pesan tiket pesawat dan siapkan itinerary. Atau bisa pesan paket tour Jepang di www.shinpotravel.com (instagram : shinpo.travel).

Musim dingin di Jepang cenderung kering dan cerah. Suhunya juga jarang turun dibawah titik beku, kecuali bagian Utara Jepang, yaitu Sapporo dan sekitarnya. Semakin Utara, udara Jepang akan semakin dingin dan bersalju. Pada bagian tengah, hujan saljunya lebih kecil. Sementara itu, musim dingin di bagian Selatan Jepang lebih ringan.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Jepang saat musim dingin tergantung aktivitas dan pengalaman apa yang dicari. Kalau ingin menikmati festival salju, yang paling populer adalah festival salju dibeberapa kota di Hokkaido yang biasanya berlangsung pada bulan Januari atau Februari.

Kemudian kalau ingin melihat iluminasi musim dingin (festival lampu), spot wisata populer di Jepang rata-rata mengadakannya pada akhir November - akhir Desember. Festival ini umumnya akan berakhir setelah malam Natal berakhir, tapi ada juga yang berlanjut hingga Valentine's Day. Namun, hampir dipastikan awal bulan Desember - malam Natal merupakan waktu terbaik untuk menikmati iluminasi musim dingin di Jepang.

2. Waktu terbaik libran ke Jepang saat Musim Semi (Haru)

Sumber : pixabay
 

Banyak yang menganggap waktu terbaik liburan ke Jepang adalah saat musim semi (Haru) tiba. Di musim semi, bunga-bunga bermekaran termasuk bunga sakura. Jika ingin menikmati kecantikan musim semi di Jepang, datanglah di bulan Maret hingga Mei. Saat musim semi, suhu udara tergolong cerah dan hangat, namun akan kembali dingin disore hari. Jadi, harus tetap mempersiapkan mantel atau baju hangat saat wisata dimusim semi.

Perlu diingat, bunga sakura mekar sempurna hanya dalam jangka waktu seminggu. Jadi, harus memastikan datang diwaktu yang tepat. Jadwal mekar sakura diberbagai daerah di Jepang berbeda-beda. 

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan saat musim bunga sakura adalah piknik dibawah pohon sakura sambil menikmati bekal yang dibawa. Kegiatan ini sudah menjadi tradisi di Jepang dan diberinama hanami.

Spot terbaik untuk menikmati musim semi di Jepang misalnya Himeji Castle, Yoshinoyama, Hanamiyama Park, Hirosaki Castle, Goryokaku Fort, dsb.

3. Waktu yang tepat untuk liburan musim panas di Jepang (natsu)

Sumber : Pixabay
 

Saat musim panas (Natsu), suhu di Jepang benar-benar panas. Walaupun begitu, saat musim panas, banyak festival seru yang bisa dinikmati. Musim panas (Natsu) di Jepang berlangsung sejak Juni hingga Agustus. Namun, liburan musim panas di Jepang biasanya akan dimulai dari tanggal 20 Juli - 31 Agustus. Puncak musim panas disebut Geshi (23 Juli).

Saat musim panas, sebagian besar wilayah Jepang akan turun hujan. Bahkan bisa berlangsung 3 - 4 minggu sehingga menjadi waktu yang ideal untuk menanam padi. Biasanya musim hujan di Jepang akan berlangsung pada bulan Juni hingga pertengahan Juli.

Setelah musim hujan berakhir, suhu udara akan naik drastis dan musim panas yang sebenarnya pun dimulai. Saat inilah Jepang akan menjadi tuan rumah berbagai festival yang meriah dan liar. Inilah beberapa festival musim panas Jepang di Kyoto, Osaka dan Tokyo yang wajib dikunjungi :

    a. Sanja Matsuri, Tokyo (akhir pekan dipertengahan bulan Mei)

    b. Tenjin Matsuri, Osaka (25 Juli)

    c. Gion Matsuri, Osaka (1-31 Juli)

    d. Sumiyoshi Festival, Osaka (1-31 Juli)

    e. Sumidagawa Fireworks, Tokyo (Sabtu terakhir dibulan Juli)

    f. Asakusa Samba Carnival, Tokyo (akhir Agustus)

    g. Harajuku Omotesando Genki Matsuri Super Yosakoi, Tokyo (akhir Agustus)

Jikalau terlanjur pesan tiket diwaktu yang enggak bertepatan dengan festival apa pun, jangan kecewa. Masih ada waterpark yang tak kalah serunya. Namun perlu diingat, waterpark di Jepang hanya buka mulai bulan Juli hingga awal September. Wisata ke pantai juga seru, contohnya pantai di Okinawa yang sudah mulai merasakan musim panas sejak bulan Juni. Sementara itu, pantai di wilayah lain biasanya baru dibuka mulai bulan Juli - Agustus.

4. Waktu terbaik melihat indahnya Musim Gugur Jepang (Aki)

Sumber : Unsplash
 

Semua musim di Jepang menghadirkan suasana yang berbeda-beda, namun sama cantiknya. Musim gugur dimulai sejak September - November. Panas mulai mereda dan kelembaban udara juga akan turun sehingga temperatur menjadi kering. Meski begitu, Aki / autumn di Jepang sangatlah teduh dan memesona. Saat warna daun mulai berubah menjadi kuning kemerahan, akan seperti berada di fairytale

Autumn / Aki adalah musim favorit untuk mengadakan pameran, konser dan acara olahraga. Cuacanya sangatlah menyenangkan, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Dengan kondisi seperti ini, bisa memakai sweater dan jaket tipis. Spot terbaik untuk melihat warna-warni cantik musim gugur di Jepang contohnya Meiji Jingu Gaien, Taman Shinjuku Gyoen, Taman Yoyogi, Rikugi-en dan Taman Hamarikyu.

Di Jepang ada tradisi musim gugur yang kontras dengan tradisi hanami di musim semi, yaitu momijigari. Momijigari adalah aktifitas untuk menikmati perubahan warna daun di musim gugur. Namun, jika hanami identik dengan pesta dan hura-hura, momijigari jauh lebih syahdu karena kental dengan nuansa refleksi diri.

Perubahan warna daun akan dimulai di Hokkaido (sisi Utara Jepang). Dibeberapa tempat, daun sudah mulai berubah warna sejak pertengahan September dan berakir pada akhir Oktober. Untuk wilayah Kanto, daun-daun di Oze akan mulai berubah warna pada akhir September, sementara untuk wilayah Tokyo baru terjadi di akhir bulan November sampai awal Desember.

Kyoto, Osaka dan sebagian wilayah Chubu termasuk yang agak telat, karena daun-daun musim gugur baru akan berubah dipertengahan November hingga awal Desember. Sedangkan musim gugur di Tohoku bisa dinikmati selama 6 minggu berturut-turut sejak akhir September sampai pertengahan November.

Untuk paket wisata jepang bisa konsultasikan dengan Shinpo Travel

Untuk penyewaan Wifi pocket

Pembelian kartu aicom, SoftBank Cards, OCN bisa hubungi Nick Japan Shop

 

Referensi :  https://blog.antavaya.com/

Post a Comment

0 Comments