Musim di Jepang

4 musim yang mewarnai Jepang yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin.
Kepulauan Jepang, sebagian besar berada dizona sedang dan kawasannya dicirikan dengan 4 perubahan musim yang jelas. Sifat iklim yang seperti ini telah lama menjadi sumber kesenangan yang besar, karena setiap musim memiliki kesan dan memory yang berbeda. Apalagi mengenai tempat wisatanya.



  • MUSIM SEMI – Pohon plum dan sakura mekar serentak
    Maret – Mei
Mulai hari pertama dibulan Maret, saat bunga plum pertama kali mekar, hingga hari terakhir bulan Mei, saat bunga sakura terakhir jatuh dari pohonnya di Jepang utara, musim semi begitu indah dan kesan romantic pun ikut terpancar karena begitu banyaknya bunga-bunga bermekaran.

  •  MUSIM PANAS – Saatnya bermain di alam
    Juli – Agustus
Musim panas adalah saatnya menanam padi, dan juga tumbuhan seluruh jepang diselimuti warna hijau. Warna hijau daun-daun pohon sakura, maple, ek dan kastanye di hutan-hutan gunung yang kontras dengan warna yang lebih tua dari pohon-pohon pinus yang hijau sepanjang tahun, sedangkan pucuk-pucuk pohon bamboo yang halus berayun dengan lembut diseluruh negeri.
  •  MUSIM GUGUR – Daun penuh warna dan musim panen September – November
Meskipun musim panas berkepanjangan sampai September disana-sini, pada Bulan Oktober sebagian besar Jepang telah menikmati musim sejuk dan segar musim gugur,
Musim gugur di Jepang yang berubah warna menjadi warna-warna terang seperti warna merah, emas, tembaga, dan kuning, dan disambut dengan bagian daun yang berputar-putar hingga akhirnya jatuh ke tanah. Daun-daun tersebut menghiasi bukit-bukit dan saat melaluinya dengan mendaki atau berjalan bagaikan melewati karpet penuh warna. Ini adalah musim panen. Di daerah-daerah pedesaan, sawah-sawah berubah warna menjadi warna emas, dan padi-padinya lagi akan dipotong dan ditumpuk atau digantung dengan barisan yang rapi dan rata. Waktunya berbagai festival, pertandingan olahraga dan pesta-pesta budaya diseluruh negeri.
  •  MUSIM DINGIN – Musim kegembiraan penuh salju Desember – Februari
Dibeberapa wilayah Jepang bagian utara memiliki suhu yang ekstrim, tapi memang musim dingin di Jepang tidak terlalu berat, dan biasanya diimbangi dengan sinar matahari yang hangat dan langit biru. Tapi walaupun ada sinar matahari tidak sehangat saat malam hari di musim panas. 😊
Sementara diwilayah utara, beragam festival yang terkait salju dan diadakan disana. Pengunjung dan penduduk bersama-sama menikmati patung salju dan es yang besar dan ikut dalam adat dan acara-acara pedesaan yang ada dimusim ini.

Post a Comment

0 Comments