Onsen (Pemandian Air Panas di Jepang)



Hai Good People

Jepang dikenal dengan nama Negeri Sakura. Tapi selain Sakura masih ada banyak hal menarik lainnya dengan Jepang. Salah satunya adalah “ONSEN”.

Onsen atau bisa disebut juga dengan nama “Pemandian Air Panas” sering dijadikan alternatif untuk menyembuhkan penyakit ataupun untuk sekedar relaksasi melepas Lelah.

Onsen sudah tersebar di pelosok Jepang. Dan selain menyediakan mata air panas juga menyediakan pemandangan alam yang indah dan bisa membuat kita releks.

Kami berikan 10 rekomendasi onsen di Jepang yang bisa dikunjungi.

1.      Hakone onsen

Lokasi pemandian ini bisa ditempuh menggunakan kereta maupun mobil dengan jarak tempuh selama satu jam setengah dari Tokyo. Ada banyak spa disana yang bisa dikunjungi, dan ada banyak toko yang menjual bermacam-macam souvenir.

 

2.      Yufuin onsen

Terletak dikaki gunung Yufudake, Oita. Pemandian ini termasuk dalam onsen terbaik di Kyushu dan popular dikalangan Wanita. Karena lokasinya berada di pedesaan, sudut pandang dari lokasi onsen tersebut adalah pemandangan pegunungan yang indah dan asri. Dan disana juga terdapat banyak restaurant yang fashionable.

 

3.      Kusatsu onsen

Kusatsu onsen berada diGunma dan termasuk onsen terkemuka di Jepang. Disana ada fasilitas simbolis yang disebut Yubatake (ladang air panas) yang merupakan sumber utama mata air panas disana. Area onsen ini sangat ramai, ada beberapa sumber air panas gratis dan beragam toko. Disana juga ada penginapan yang bagus, hotel dan kafe disekitar kota.

 

4.      Noboribetsu onsen

Onsen ini diakui sebagai onsen yang terbaik di Hokkaido karena akses, kepopuleran, sejarah dan kualitasnya. Air panasnya mengandung sulfur dan hydrogen sulfida yang dapat melembutkan dan mencerahkan kulit. Terdapat juga mata air yang mengandung zat besi yang memiliki efek bagus untuk meredakan rasa Lelah.

 

5.      Beppu onsen

Terletak di Oita, Kyushu. Ini adalah Onsen terbesar di Jepang. Di pemandian ini ada tour terkenal yang disebut Beppu Jigoku Meguri (Tour Neraka Beppu) karena disana terlihat berbagai jenis mata air Jigoku seperti Sea Hell, Blood pond Hell, White pond Hell, dan Tornado Hell. Selain itu, ada juga telur onsen yang khusus di kukus atau direbus dimata air disana yang bisa dinikmati.

 

6.      Kurokawa onsen

Onsen ini berdekatan dengan gunung Aso, Kumamoto. Hampir semua penginapan disini memiliki onsen yang terbuka dialam. Jika membeli pass (tiket) yang disebut “nyunyoku tegata” bisa berendam di tiga pemandian yang berbeda. Adapun berendam disini sangat efektif untuk meredakan nyeri saraf.

7.      Ibusuki onsen

Letak ibusuki onsen cukup dengan bandara Kagoshima, hanya perlu satu jam 35 menit perjalanan menggunakan bus. Onsen ini terkenal dengan pemandian pasir alami yang disebut “Sunamushi”. Tidak seperti onsen yang lain, pemandi ini cukup unik karena tubuh akan ditutupi pasir dipantai. Meskipun begitu, onsen ini memiliki efek meredakan sakit saraf dan sakit otot, juga memiliki efek pada kecantikan seperti perawatan di salon.

 

8.      Arima onsen

Onsen ini adalah salah satu sumber air panas teretua dan terkenal di Jepang yang berjarak satu jam dari Osaka. Dikenal juga dengan nama sumber air panas Hideyoshi Toyotomi yang merupakan penguasa sejarah yang kuat. Disini bisa ditemukan mata air panas coklat kemerahan yang disebut Kinsen (mata air emas) dan mata air panas bening disebut Ginsen (mata air perak).

 

9.      Gero onsen

Berlokasi di Gifu, onsen ini merupakan salah satu dari tiga sumber air panas paling terkenal di Jepang. Sumber mata air disini mengandung alkaline, yang memberikan efek halus Ketika disentuh. Ada baiknya jika untuk mengunjungi onsen ini Ketika musim semi sampai musim gugur, karena pada masa itu disana juga digelar pekan raya yang disebut ideyu ichi yang bisa dinikmati.

 

10.  Shibu onsen

Pemandian yang terletak di Nagano ini cukup unik dan terkenal. Terutama Jigokudani Noen Koen (Jigokudani Wild Monkey Park) yang merupakan satu-satunya onsen dimana sekumpulan monyet pun berendam dalam mata air panas ini.

 

Karena onsen adalah pemandian umum dan dipakai public. Berikut ini adalah etika yang perlu diketahui jika ingin berendam di onsen

a.       Bersihkan badan sebelum berendam

b.      Tidak boleh menggunakan apapun Ketika memasuki onsen

c.       Jangan berendam menggunakan handuk

d.      Tidak boleh masuk jika mempunyai tato

e.       Jangan berendam sampai membasahi rambut

f.        Berendam dengan santai dan tidak berisik.

Source : idntimes.com


 

Post a Comment

0 Comments